Jumat, 11 Oktober 2013

Teknik bermain bola basket



Teknik bermain bola basket
Teknik bermain bola basket terbagi menjadi dua hal yaitu Teknik dasar dan Teknik professional.
Teknik Dasar Bermain Bola Basket
Dalam bermain bola basket dikenal beberapa gerakan dasar yang harus dikuasai sebelum kita bermain basket secara profesional. Adapun gerakan tersebut adalah :
  1. Teknik Memegang Bola
Teknik yang benar dalam memegang bola basket yaitu sikap tangan yang membentuk mangkok
besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan menempel di samping bola dengan posisi agak ke belakang, posisi jari terentang menempel pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. sedangkan kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan dan posisi badan sedikit condong ke depan dengan lutut yang rileks.
  1. Teknik Menangkap Bola
Teknik Menangkap bola (catching ball) dalam basket terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada. Untuk dapat menangkap bola dengan baik anda harus selalu fokus  memperhatikan bola. Rentangkan jari-jari tangan agak lebar dan pergelangan tangan harus rileks untuk menjemput bola menggunakan telapak tangan. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera menempel ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola.
3.       Passing dan Catching
Passing berarti mengoper, sedangkan catching artinya menangkap. Setiap pemula harus belajar mengenai cara mengoper dan menangkap bola dengan temannya. Ingat, kemampuan mengoper dan menangkap harus sama baiknya, tidak boleh hanya mahir sebagian. Dalam passing terdapat beberapa teknik antara lain :
a. Chest pass (operan setinggi dada)
Operan ini dimulai dari memegang bola di depan dada,  kemudian bola dilempar lurus dengan telapak tangan ke arah luar.
b. Bounce pass (operan pantul)
Sama dengan chest pass, bedanya hanya lemparan diarahkan ke lantai, usahakan titik pantulnya berada di 3/4 jarak dari pengoper bola.
c. Overhead pass (operan diatas kepala)
Operan dilakukan dengan kedua tangan berada di atas. Penerima bola juga menangkap dengan posisi tangan di atas.
d. Baseball pass
Operan ini dilakukan di atas/belakang kepala, bertujuan agar passing melambung dan melewati lawan. Operan jarak jauh yang dilakukan biasanya lebih dari setengah panjang lapangan. Operan ini tidak terlalu akurat namun berguna pada fast break.
e. Behind the back pass
Teknik gerakan behind the back pass merupakan gerakan yang rumit untuk para pemula. Butuh latihan tekun dan berulang-ulang untuk bisa melakukan gerakan ini dengan baik dan benar. Operan ini sekarang sudah menjadi senjata menyerang yang umum. Keunggulan umpan ini yaitu lawan tidak mengetahui sasaran yang ingin dituju.
  1. Menggiring Bola ( Dribbling )
Menggiring bola ( dribbling ) adalah usaha yang dilakukan pemain untuk membawa bola menuju ring lawan. Dribbling dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai menggunakan satu tangan saja. Ada dua macam teknik menggiring bola yaitu menggiring bola dengan posisi rendah dan menggiring bola dengan posisi tinggi. Menggiring bola dengan posisi rendah bertujuan untuk melindungi bola dari jangkauan lawan. Sedangkan menggiring bola dengan posisi tinggi biasanya digunakan  saat melakukan serangan cepat menuju daerah pertahanan lawan.
Prinsip dalam mengajarkan teknik dribble antara lain:
•    Kontrol pada jari-jari tangan
•    Mempertahankan tubuh tetap rendah
•    Kepala tegak
•    Melatih kedua tangan agar sama-sama memiliki dribble yang bagus
•    Lindungi bola (protect the ball)

  1. Pivot
Pivot adalah suatu usaha yang dilakukan pemain untuk menyelamatkan bola dari jangkauan lawan dengan salah satu kaki sebagai porosnya, sedangkan kaki yang lain dapat berputar 360 derajat.
  1. Shooting
Shooting adalah suatu usaha yang dilakukan pemain untuk memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring basket lawan untuk meraih poin. Shooting sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan dua tangan atau satu tangan. shooting adalah kunci utama bagi para pemain untuk memasukan bola kedalam ring. ada 2 point bagi shooting. yang pertama "two points" dengan melakukan shooting di daerah dalam three points, yang kedua "three points" dengan melakukan shoot di luar garis tiga angka. cara shooting bermacam-macam, ada yang melompat, ada juga yang tidak.
Hal yang perlu diterapkan dalam shooting adalah :
  1. Setengah-menekuk lutut sebelum menembak bola basket untuk daya lebih potensial
  2. Tangan dominan harus memiliki jari yang tersebar
  3. Hanya ujung jari harus mencengkeram ke bola
  4. Sebaliknya harus mendukung bola di samping
  5. Bola harus dibawa di atas kepala dengan satu gerakan
  6. Pada titik ini, sudut pergelangan tangan berada di 90 derajat
  7. Sementara memperpanjang lutut, perpanjang lengan bawah dan pergelangan tangan
  8. Pastikan mengikuti melalui dengan gerakan pergelangan tangan Anda. Jika terasa alami, melompat dan lepaskan tembakan.
  1. Lay up
Lay Up adalah langkah atau loncatan yang dilakukan pemain saat berada didekat ring lawan agar mendapat poin melalui tembakan yang melayang di udara. Teknik ini  merupakan salah satu cara termudah untuk mendapatkan poin. Secara garis besar, teknik ini dilatih dengan men-dribble bola dari garis tembakan bebas, kemudian melompat dengan satu kaki bergantian dan pada lompatan kedua dilakukan tembakan ke ring secara bersamaan. Saat melompat, bola dibawa dengan dua tangan, setelah itu dilepaskan ke arah ring dengan satu tangan. Sedangkan tangan lainnya membantu dan melindungi bola. Lay-up dilakukan dengan memantulkan bola ke bagian atas papan ring terlebih dahulu ataupun langsung memasukkan bola ke ring.

8.      Rebound
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat rebound yaitu make contact, box out, dan jump to the ball. Dalam era basket modern sekarang ini diperlukan gerakan rebound dalam suatu pertandingan. Apabila sebuah tim tidak mempunyai keinginan untuk melakukan defensive rebound maupun offensive rebound, dapat dipastikan tim itu akan kehilangan banyak kesempatan kedua untuk melakukan score pada saat pertandingan.
Teknik Bermain Basket Professional
Tidak seperti teknik permainan dasar, teknik permainan di level professional cenderung lebih sulit dilakukan dan membutuhkan kemampuan yang tinggi. Adapun teknik tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Fade Away
Fade away adalah teknik tembakan dalam basket dengan mendorong posisi badan kebelakang sehingga menyulitkan defender untuk menghadang bola. Teknik ini cukup sulit untuk dilakukan pemain yang baru belajar basket karena dibutuhkan insting dan keseimbangan yang mumpuni. Bila keseimbangan badan tidak terjaga bisa-bisa terpelanting dan jatuh kebelakang. Teknik ini sering digunakan oleh sang legenda basket NBA seperti Michael Jordan dan Kobe Bryant.
  1. Hook Shoot
 Hook adalah teknik menembak yang sangat efektif digunakan bila pemain dijaga oleh orang yang lebih tinggi dari pemain. Cara menembak dilakukan dari samping dengan satu tangan, sehingga jarak antara orang yang menghadang dan pemain bisa lebih jauh.
  1. Jump Shoot
Teknik yang satu ini butuh lompatan tinggi, dan akurasi tembakan yang bagus karena tembakan dilakukan dengan melompat tinggi sehingga terjadi suatu tembakan yang liar dan sulit untuk di gagalkan.
  1. Cross Over
Cross Over merupakan cara dribble dengan cara memantulkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan atau sebaliknya. biasanya teknik ini sudah banyak di improvisasi dengan cara memantulkan bola di antara celah kaki.
  1. Slamdunk
Slamdunk adalah salah satu teknik yang paling populer dan paling berkelas dalam basket. Teknik ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu hanya memasukkan bola secara langsung ke dalam ring dan menghempaskan tangan ke ring basket. Namun yang membuat teknik ini sulit adalah dibutuhkan lompatan yang sangat tinggi untuk ukuran orang indonesia agar dapat menggapai ring secara langsung.
Lapangan bola basket
Ukuran lapangan basket : 28 meter x 15 meter, ukuran ini dihitung dari batas garis sebelah dalam. Pada tengah lapangan terdapat lingkaran dengan jari-jari 1,80 meter dengan ukuran jari-jari lingkaran diukur dari sebelah luar garis lingkaran.

Garis Tembakan Hukuman: Garis tembakan ini berada di daerah bersyarat.

Papan Pantul: Papan pantul dibuat dari kayu maupun bahan lain yang sifatnya sama dengan ketebalan papan 3 cm.  Papan pantul untuk bola basket memiliki ukuran 1,80 meter x 1,20 meter dengan garis bingkai empat persegi panjang pada bagian tengahnya yang berukuran 0,59 meter x 0,45 meter.

Tiang Penyangga: Tiang penyangga atau yang dikenal dengan simpei terbuat dari besi yang memiliki garis tengah 20 mm, simpei berdiri memiliki ketinggian dari atas lantai 3,03 meter.

Bola Basket: Bola basket terbuat dari bahan karet yang dilapisi dengan bahan sintetis. Bola basket memiliki kuran keliling bola sekitar 75 cm s.d. 78 cm dengan berat antara 600 gram s.d. 650 gram. Ketentuan standar bola ketika berisi udara adalah jika dipantulkan ke lantai yang keras dari ketinggian 1,80 meter, bola tersebut memantul setinggi antara 1,20 meter s.d. 1,40 meter.
Gambar untuk ukuran lapangan bola basket

0 komentar: