Jumat, 11 Oktober 2013

SILABUS BAHASA INGGRIS KURIKULUM 2013 KELAS X


SILABUS BAHASA INGGRIS KURIKULUM 2013
KELAS X

TOPIC: ME AND MY FAMILY

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU

3. Memahami, menerapkan, menganali-sis pengetahuan factual, konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait pe-nyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.


4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

3.1. Menganalisis fungsi social, struktur teks, dan unsure kebahasaan pada teks, pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya









4.1. Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis

4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


·       Greeting and leave-taking

·       Introducing oneself and others.

·       Expressing personal identity.

·       Expressing family relationship

·    Siswa bisa mengidentifikasi ungkapan untuk greeting dan leave taking secara benar.

·    Siswa bisa mengidentifikasi ungkapan untuk memperkenalkan diri dan orang lain secara benar.

·    Siswa bisa mengidentifikasi ungkapan untuk mengekspresikan personal identity secara bena

·    Siswa bisa mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan hubungan dalam keluarga secara benar.

·    Siswa bisa membuat teks lisan dan tulis tentang introducing one self dan others secara benar.

·    Siswa bisa membuat teks lisan dan tulis tentang data diri dan keluarga inti (nuclear family) dan extended family secara benar.

Ø  ORAL
Ø  TULIS
Ø  SIKAP


6 JP



TOPIC   :  TOP OF THE WORLD

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU

3. Memahami, menerapkan, menganali-sis pengetahuan factual, konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.


4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

3.2.  Menganalisis fungsi social, struktur teks, dan unsure kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap (extended), serta responsnya sesuai dengan konteks

3. 5. Menganalisis fungsisosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya



4.3.  Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.6.  Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


·         Giving compliments

·         Giving response to compliments.

·         Siswa bisa mengidentifikasi ungkapan untuk memberikan compliments dan responsnya secara benar.

·         Siswa bisa menyusun teks lisan dan tulis untuk memberikan compliments dan responsnya dalam konteks pencapaian prestasi di sekolah dan di luar sekolah secara benar.

Ø ORAL
Ø TULIS
Ø SIKAP


8 JP



TOPIC   :   FAILURE IS STEPPING STONE TO SUCCESS

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU

3. Memahami, menerapkan, menganali-sis pengetahuan factual, konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


3.3.  Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsure kebahasaan pada ungkapan perhatian (care) dan responsnya sesuai dengan penggunaannya.








4.4.  Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

·         Expressing sympathy

·         Siswa bisa mengidentifikasi ungkapan untuk mengekspresikan sympathy secara benar.

·         Siswa bisa menyusun teks lisan dan tulis untuk menunjukkan sympathy dalam konteks kegagalan di sekolah dan di sekolah secara benar.

Ø ORAL
Ø TULIS
Ø SIKAP


6 JP



TOPIC   :  A JOURNEY TO GO

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU

3. Memahami, menerapkan, menganali-sis pengetahuan factual, konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


3.4   Menganalisis fungsi sosial, strukturteks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya







4.5   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


·         Expressing future plans

·         Will vs be going to

·         Siswa bisa mengidentifikasi ungkapan untuk expressing future plans secara benar.

·         Siswa bisa membedakan konteks penggunaan will - be going to secara tepat.

·         Siswa bisa menyusun teks lisan dan tulis tentang rencana liburan secara tepat.

·         Siswa bias menyusun teks lisan dan tulis tentang rencana studi di masa mendatang secara tepat.

Ø ORAL
Ø TULIS
Ø SIKAP


8 JP


TOPIC   :  BEAUTY OF THE PAST

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU

3. Memahami, menerapkan, menganali-sis pengetahuan factual, konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.











4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


3.6 Menganalisis fungsisosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks

3.9   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount tentang pengalaman, kejadian, dan peristiwa, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.7.  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.13 Menangkap makna teks recount secara lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman, kegiatan, kejadian, dan peristiwa


·         Expressing past events.

·         Language focus:

o    Past tense

o    present perfect

o    past progressive.

o    Past perfect

o    Used to

·         Siswa bisa mengidentifikasi cara untuk mengungkapkan peristiwa yang terjadi di masa lampau secara benar.

·         Siswa bisa menyusun sebuah teks lisan dan tulis tentang peristiwa yang paling berkesan ketika siswa masih belajar di SMP secara benar.

·         Siswa bisa menangkap gagasan pokok dan informasi rinci tentang biografi tokoh terkenal secara benar.

·         Siswa bisa menyusun teks lisan tentang biografi seseorang yang dikagumi oleh siswa secara benar.

·         Siswa bisa menyusun teks tulis tentang biografi siswa secara benar.

Ø ORAL
Ø TULIS
Ø SIKAP


8 JP

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU


4.14 Menyusun teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.15 Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk cerita pendek sederhana.








TOPIC   :  HISTORICAL PLACES

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU

3. Memahami, menerapkan, menganali-sis pengetahuan factual, konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya







4.8 Menangkap makna dalam teks deskriptif, lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal

4.9 Menyunting teks deskriptif tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.10 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


o    Describing things based on their color, size, material used and functions.

o    Describing people based on their physical characteristics and personality traits.

o    Siswa bisa mengidentifikasi ungkapan untuk menggambarkan sebuah tempat wisata, bangunan bersejarah dan benda berdasarkan warna, ukuran, bahan yang digunakan dan fungsinya.

o    Siswa bisa mengidentifikasi ungkapan untuk menggambarkan ciri-ciri seseorang berdasar-kan ciri-ciri fisik dan kepribadiannya secara benar.

o    Siswa bisa menyusun teks lisan dan tulis tentang tempat wisata, bangunan bersejarah dan benda berdasarkan warna, ukuran dan fungsinya.

o    Siswa bisa menyusun teks lisan dan tulis untuk menggambarkan seseorang berdasarkan ciri-ciri fisik dan kepribadiannya.

Ø ORAL
Ø TULIS
Ø SIKAP





TOPIC   :  INFORMATION TO READ

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU

3. Memahami, menerapkan, menganali-sis pengetahuan factual, konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan dari teks pemberitahuan (announce-ment), sesuai dengan konteks penggunaannya.








4.11 Menangkap makna pemberitahuan (announcement).

4.12 Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.



o    JOB VACANCY

o    OTHERS


o    Siswa bisa mengidentifikasi jenis-jenis announ-cement berdasarkan fungsi dan konteksnya secara benar.

o    Siswa bisa mengidentifikasi aspek-aspek yang membentuk teks announcement yang baik secara benar.

o    Siswa bisa menyusun teks announcement dengan konteks bervariasi secara benar.

Ø ORAL
Ø TULIS
Ø SIKAP




1 komentar:

Unknown mengatakan...

assalamualaikum mbk,,bsa gk file yang nh dikirim ke email sya,,mkasi sebelumnya mbk