SILABUS BAHASA INGGRIS KURIKULUM 2013
KELAS X
TOPIC: ME AND MY FAMILY
TOPIC : TOP OF THE WORLD
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
3. Memahami, menerapkan, menganali-sis pengetahuan
factual, konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
3.2.
Menganalisis fungsi social, struktur teks, dan unsure kebahasaan pada ungkapan
memuji bersayap (extended), serta responsnya sesuai dengan konteks
3. 5. Menganalisis
fungsisosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat
bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian
bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.6.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon
ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
·
Giving compliments
·
Giving response to compliments.
|
·
Siswa bisa mengidentifikasi ungkapan untuk
memberikan compliments dan responsnya secara benar.
·
Siswa bisa menyusun teks lisan dan tulis untuk
memberikan compliments dan responsnya dalam konteks pencapaian prestasi di
sekolah dan di luar sekolah secara benar.
|
Ø ORAL
Ø TULIS
Ø SIKAP
|
8 JP
|
TOPIC : FAILURE IS STEPPING STONE TO SUCCESS
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
3. Memahami, menerapkan, menganali-sis pengetahuan
factual, konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengem-bangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
3.3. Menganalisis fungsi social, struktur teks dan
unsure kebahasaan pada ungkapan perhatian (care) dan responsnya sesuai dengan
penggunaannya.
4.4. Menyusun teks lisan dan
tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
·
Expressing sympathy
|
·
Siswa bisa mengidentifikasi ungkapan untuk
mengekspresikan sympathy secara benar.
·
Siswa bisa menyusun teks lisan dan tulis untuk
menunjukkan sympathy dalam konteks kegagalan di sekolah dan di sekolah secara
benar.
|
Ø ORAL
Ø TULIS
Ø SIKAP
|
6 JP
|
TOPIC : A JOURNEY TO GO
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
3. Memahami, menerapkan, menganali-sis pengetahuan
factual, konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
3.4 Menganalisis fungsi sosial, strukturteks,
dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
·
Expressing future plans
·
Will vs be going to
|
·
Siswa bisa mengidentifikasi ungkapan untuk
expressing future plans secara benar.
·
Siswa bisa membedakan konteks penggunaan
will - be going to secara tepat.
·
Siswa bisa menyusun teks lisan dan tulis tentang
rencana liburan secara tepat.
·
Siswa bias menyusun teks lisan dan tulis tentang
rencana studi di masa mendatang secara tepat.
|
Ø ORAL
Ø TULIS
Ø SIKAP
|
8 JP
|
TOPIC : BEAUTY OF THE PAST
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
3. Memahami, menerapkan, menganali-sis pengetahuan
factual, konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
3.6 Menganalisis fungsisosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/
kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks
3.9 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount tentang pengalaman,
kejadian, dan peristiwa, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat,
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang
merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.13 Menangkap makna teks recount secara lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman, kegiatan, kejadian, dan peristiwa
|
·
Expressing past events.
·
Language focus:
o Past tense
o present perfect
o past progressive.
o Past perfect
o Used to
|
·
Siswa bisa mengidentifikasi cara untuk mengungkapkan
peristiwa yang terjadi di masa lampau secara benar.
·
Siswa bisa menyusun sebuah teks lisan dan
tulis tentang peristiwa yang paling berkesan ketika siswa masih belajar di
SMP secara benar.
·
Siswa bisa menangkap gagasan pokok dan informasi
rinci tentang biografi tokoh terkenal secara benar.
·
Siswa bisa menyusun teks lisan tentang biografi
seseorang yang dikagumi oleh siswa secara benar.
·
Siswa bisa menyusun teks tulis tentang biografi
siswa secara benar.
|
Ø ORAL
Ø TULIS
Ø SIKAP
|
8 JP
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
|
4.14 Menyusun teks recount lisan dan
tulis, sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
4.15 Menangkap makna teks naratif lisan
dan tulis berbentuk cerita pendek sederhana.
|
|
|
|
|
TOPIC : HISTORICAL PLACES
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
3. Memahami, menerapkan, menganali-sis pengetahuan
factual, konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.8 Menangkap makna
dalam teks deskriptif, lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
4.9 Menyunting teks
deskriptif tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan
bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.10 Menyusun teks
deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
o Describing things based on their color, size,
material used and functions.
o Describing people based on their physical
characteristics and personality traits.
|
o Siswa bisa mengidentifikasi ungkapan untuk menggambarkan
sebuah tempat wisata, bangunan bersejarah dan benda berdasarkan warna,
ukuran, bahan yang digunakan dan fungsinya.
o Siswa bisa mengidentifikasi ungkapan untuk menggambarkan
ciri-ciri seseorang berdasar-kan ciri-ciri fisik dan kepribadiannya secara benar.
o Siswa bisa menyusun teks lisan dan tulis tentang tempat
wisata, bangunan bersejarah dan benda berdasarkan warna, ukuran dan fungsinya.
o Siswa bisa menyusun teks lisan dan tulis untuk menggambarkan
seseorang berdasarkan ciri-ciri fisik dan kepribadiannya.
|
Ø ORAL
Ø TULIS
Ø SIKAP
|
|
TOPIC : INFORMATION TO READ
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
3. Memahami, menerapkan, menganali-sis pengetahuan
factual, konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsure kebahasaan dari teks pemberitahuan (announce-ment), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.11 Menangkap makna
pemberitahuan (announcement).
4.12 Menyusun teks
tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
o JOB VACANCY
o OTHERS
|
o Siswa bisa mengidentifikasi jenis-jenis announ-cement
berdasarkan fungsi dan konteksnya secara benar.
o Siswa bisa mengidentifikasi aspek-aspek yang
membentuk teks announcement yang baik secara benar.
o Siswa bisa menyusun teks announcement dengan konteks
bervariasi secara benar.
|
Ø ORAL
Ø TULIS
Ø SIKAP
|
|
1 komentar:
assalamualaikum mbk,,bsa gk file yang nh dikirim ke email sya,,mkasi sebelumnya mbk
Posting Komentar