Kamis, 12 September 2013

CARA KEREN BIKIN SIMBOL X-BAR DI MS. WORD

CARA KEREN BIKIN SIMBOL X-BAR DI MS. WORD

Padahal jam segini jam yang paling pas buat Gue mulai tidur. Tapi berhubung Gue orangnya terlalu banyak mikir dan kebetulan juga abis chatting sama cewek Gue via Facebook. Gue jadi dapet ide posting beginian. Kebetulan ini pake cara coba-coba yang ternyata manjur banget. Jadi, cerita singkatnya gini, cewek Gue yang lagi sibuk nulis skripsi kebingungan gara-gara mesti bikin simbol X-Bar di skripsinya. Nah loh apa itu X-Bar? Kalo anak matematika and statistika pasti sering banget liat simbol ini. Bentuknya huruf X dengan garis horizontal tepat di atasnya. Yap! Biasanya simbol ini dipakai sebagai variabel dalam hitungan matematika yang melambangkan MEAN (rata-rata). Awalnya, Gue agak ragu yang beginian ada di Ms. Word, so Gue coba buka Ms. Word > Insert > Symbol, dan keluarlah seperti berikut ini :

Banyak banget kan simbol-simbol yang tampil di sana? (Iyalah, wong yang ditampilin kan tipe karakter Unicode(Hex). Masih bisa di-scroll lagi loh itu, bahkan ada huruf-huruf Arab juga.
Nah, sekarang Gue mau tantang kalian nemuin simbol kayak di bawah ini di daftar simbol di atas :
Gimana? Ketemu gak? Kalo ketemu, berarti SELAMAT, anda telah berbohong. Pokoknya sampe jadi kakek-kakek and nenek-nenek juga, simbol X-Bar di atas nggak bakalan bisa dicari di dalem kotak kumpulan simbol-simbol itu. Nah loh! Terus gimana dong kalo misalnya butuh? Iya, Gue tau kesulitan kalian yang kuliah di jurusan matematika atau statistika. Tapi, tenang aja, coz hasil oprek-oprek Gue berbuah mantab! Gue mendadak inget fungsi dasar dalam membuat sebuah formula (rumus) di Ms.Word, dan ini membuat Gue dapet ide. Gue jelasin nih cara bikinnya. Gue harap sih kalian pada mau sambil praktekin, coz, cara ini bener-bener asik banget. Nih yah, here I go:
Pertama, coba deh teken CTRL +  F9, hasilnya kayak di bawah ini. Sorry ada kursor ikutan kepoto. Pencet printscreen-nya kurang tepat timing-nya.Oh ya, perlu diperhatikan bahwa simbol yang dihasilkan ini NGGAK SAMA dengan "{" dan "}" pada keyboard.
Kalo udah begini apa yang kita lakuin? Pindahkan kursor ke bagian dalam di antara kedua simbol itu, dan ketikkan ini, "eq" <spasi> "\", "o", "(", "X", ",", ")". Hasilnya jadi begini nih pokoknya :
Ingat yah, sehabis "eq" harap dikasih spasi dulu. Selanjutnya apa lagi nih? Nah, sekarang agak rumit (ngejelasinnya), tapi Gue coba sejelas mungkin. Silakan kursornya kalian pindahin letaknya ke sebelah KOMA ( , ). Terus klik Insert > Symbol.
Nah, pilih tuh tanda yang Gue block di atas. Gue lupa sebutan matematikanya apaan nih tanda. Kalo ngga salah namanya Overscore deh. Entahlah. Pokoknya pilih itu, klik insert terus tutup aja kotak Symbol-nya. Nah, nanti setelah simbol Overscore itu silakan tambahkan simbol kurung tutup, hingga jadinya begini :
Yuhuu~ mulai keliatan ribet. Tapi di sinilah letak serunya. Kalo udah tampil kayak di atas gitu. Coba kalian itemin (bahasa gaulnya BLOCK, pake mouse) bagian simbol Overscore itu. Ingat, OVERSCORE-nya aja yah yang di-block. Setelah itu coba klik kanan di tempat yang di-block terus pilih Font.
Nah, kalo udah di-klik tuh Font-nya, nanti bakalan muncul jendela baru. Pilih tab Character Spacing, kemudian isi form yg ada di sana seperti gambar berikut ini nih :
Nah, kalo udah klik OK. Sabar! Sebentar lagi selesai nih. Kalo udah di-klik OK, mungkin kesannya nggak ada yang beda. Tapi sebetulnya kalo kalian perhatiin banget, Overscore-nya itu letaknya jadi lebih ke atas daripada sebelumnya. Kalo udah, sekarang tinggal penutupan. Kalian block pake mouse seluruh kode-kode tersebut. Kalo udah, klik kanan pada area yang di-block tersebut terus pilih Toggle Field Codes.
Click that! And see what you've got! Woohoo~ Berhasil kan? Kalo gitu sampe di sini aja dulu tutorialnya :)


sumber : http://glen-tripollo.blogspot.com/2011/12/cara-keren-bikin-simbol-x-bar-di-ms.html

0 komentar: