Senin, 04 Februari 2013

Ciri-Ciri,Contoh dan Makna Puisi Kontemporer

Ciri-Ciri,Contoh dan Makna Puisi Kontemporer 
Sekarang kita kembali membahas mengenai sastra yang memang tak akan ada habisnya dan terus berkembang disetiap jamannya.Puisi Kontemporer adalah bentuk puisi yang berusaha lari dari ikatan konvensional puisi iti sendiri. Misalnya saja Sutardji mulai tidak mempercayai Kekuatan kata tetapi dia mulai berpaling pada Eksistensi bunyi dan kekuatannya. Danarto justru memulai dengan kekuatan garis dalam menciptakan puisi.

Puisi kontemporer memang cenderung berbentuk aneh dan ganjil. Di samping Sutardji dan Danarto, juga Sapardi Djoko Damono, penyair lain mencanangkan bentuk puisi ganjil adalah : Ibrahim Sattah, Hamid Jabar, Husni Jamaluddin, Noorca Marendra, dan sebagainya.

Lebih jauh boleh dikatakan bahwa puisi kontemporer seringkali memakai kata-kata yang kurang memperhatikan santun bahasa,memakai kata-kata makian kasar,ejekan,dan lain-lain. Pemakaian kata-kata simbolik atau lambing intuisi,gaya bahasa, irama, dan sebagainya dianggapnya tidak begitu penting lagi.

Ciri-ciri Puisi Kontemporer

  1. Menolak kata sebagai media ekspresinya
  2. Bertumpu pada simbol-simbol nonkata
  3. menampilkan kata sedikit mungkin
  4. Bebas memasukkan unsur bahasa asing atau daerah
  5. Memakai kata-kata supra/irasional, kata-kata yang dijungkirbalikkan
  6. Menggarap tipografi secara cermat
  7. Berpijak pada bahasa inkonvensional

Contoh Puisi Kontemporer dan Maknanya


SOLITUDE
yang paling mawar
yang paling duri
yang paling sayap
yang paling bumi
yang paling pisau
yang paling risau
yang paling nancap
yang paling dekap
samping yang paling
Kau ! ( 1981:37 )

yang paling mawar “, artinya yang paling mempunyai sifat-sifat seperti mawar, yaitu biasanya warnanya merah cemerlang, menarik, indah dan harum . Jadi kesunyian ( solitude ) itu mempunyai sifat yang paling menarik , indah, serta harum . “yang paling duri” artinya paling menusuk, menyakitkan, menghalangi, seperti duri. ”yang paling dekap” ialah yang paling mesra seperti orang mendekap. Begitulah kesunyian itu. Dan di samping sifat yang paling itu adalah “Kau“ yaitu Tuhan . Jadi, bila orang dalam keadaan yang paling itu, orang akan teringat atau melihat “ Tuhan “ .

Sekian dulu mengenai postingan Ciri-Ciri,Contoh dan Makna Puisi Kontemporer semoga bermanfaat.
 
sumber : http://www.wayankatel.com
 

0 komentar: